Mengenal Teknologi Digital Twin

Era digitalisasi modern ini sudah merambah ke sektor bidang perindustrian. Kini, mesin-mesin perindustrian pun sudah terhubung dengan internet. Koneksi dengan internet dapat terhubung dengan software maupun hardware melalui perangkat fisik dengan data. Selanjutnya, data itu diberikan kepada manusia, sehingga pekerjaan di perindustrian menjadi efisien.

Proses itu terjadi berkat adanya teknologi Digital Twin. Apa itu digital twin? Digital twin pada dasarnya merupakan model virtual dari aset fisik sebuah mesin, yakni sebuah model komputer. Digital twin dapat membantu manusia mengumpulkan informasi berbasis data, dan membuat prediksi yang akurat guna melakukan pengambilan keputusan yang berpengaruh pada produktivitas perusahaan.

Digital twin akan menggunakan data yang disediakan oleh sensor untuk memahami keadaan sekitar, merespon setiap adanya perubahan, meningkatkan operasi, dan menambah nilai.

Dengan munculnya Internet of Things, digital twin dapat mengumpulkan data tentang kondisi fisik dari peralatan atau perangkat secara terus menerus dengan menggunakan sensor yang terpasang. Segala hal, dimulai dari proses manufaktur bahkan sampai program untuk pengaturan eksternal, dapat dimasukkan ke dalam digital twin.

Jadi, sistem kerja dari digital twin ialah mengandalkan data yang disediakan sensor untuk untuk merespon sebuah perubahan, memahami keadaan, dan meningkatkan kerja.

Cara kerja digital twin ini melalui tiga tahap, yaitu melihat, berpikir dan melakukan. Tahap pertama, melihat, yaitu mengambil data untuk menciptakan “kembaran virtual” yang bisa bekerja secara bersamaan. Pada digital twin perpaduan antara sebuah integritas sebuah software, hardware, fisika, dan pembelajaran mesin. Ini semua harus saling terintegrasi untuk menghasilkan sebuah keputusan yang dibutuhkan. Caranya dengan menghubungkan peralatan industri dengan internet untuk mendapatkan data. Kemudian anda mengumpulkan data-data tersebut dan memasukannya ke digital twin. 

Tahap kedua, berpikir, yaitu digital twin dapat melihat kolerasi dalam data yang diolah dengan machine learning. Apa saja yang sesungguhnya menyebabkan permasalahan. Dalam hal ini digital twin dapat merekomendasikan beberapa tindakan yang dapat dilakukan. Tahap ketiga, melakukan. Maksudnya adalah bagian pemeliharaannya, tindakan mengontrol mesin.

Keakuratan digital twin dilakukan dengan dua acara. Pertama, dengan melakukan pengumpulan dari semua data dari digital twin dan membangun template dari koleksi data tersebut. Dengan membuat template dari mesin mesin pada industri tersebut pelanggan dapat melihat data sehingga pelanggan dapat memanfaatkan data tersebut dengan cepat. Kedua, dengan memprediksi. Ini berdasarkan platform cloud. Ketika anda menyimpan informasi di cloud, kemudian informasi tersebut dapat diakses pihak yang berkepentingan.

Digital twin memiliki 4 jenis, yaitu Komponen (parts), Mesin, Proses, dan Sistem. Anda dapat memilih jenis twin sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga dapat menentukan kisaran biaya. Digital twin disukai karena efiseinsi harga dan juga dapat meningkatkan produktivitas dan keuntungan sebuah perusahaan.

Pemanfaatan teknologi digital twin dapat mendorong keuntungan bisnis yang juga menjangkau seluruh siklus hidup aset perusahaan:

  • Pengembangan Produk: teknisi, desainer, dan pengembang membuat prototipe digital, kemudian menjalankan simulasi untuk menguji kegunaan produk. OEM dapat memotong biaya pengembangan dan produksi dengan mengurangi ‘bugs’ sebelum produk menyentuh rak.
  • Pengaturan melalui digital twin: produk dapat diaktifkan dari pusat layanan jarak jauh, mengurangi biaya layanan bagi konsumen.
  • Pemecahan masalah pasca produksi: ketika semua data tentang perilaku produk langsung ditangkap dalam digital twin, akan lebih mudah bagi teknisi untuk menyelesaikan masalah yang tercatat dalam produk.

Ke depan, kasus penggunaan digital twin sangat beragam seiring dengan inovasi dari pemilik usaha. Seiring perkembangan dari AI, Image Recognition, dan teknologi lainnya, digital twin akan beradaptasi dan akan ada aplikasi baru yang menarik dan dapat digunakan untuk manufaktur industri. (*dari berbagai sumber)